Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25106
Title: STRATEGI GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DISEKOLAH SMP NEGERI15 MEDAN
Authors: UMMI, NAMORA RANGKUTI
Keywords: Karakter;peranan;displin
Issue Date: 27-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa siswi tingkat sekolah menengah yang melakukan Pelanggaran sekolah atau kurang displin Di SMP Negeri 15 Medan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberi pemahaman kepada siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 15 Medan mengenai Sikap displin karakter siswa, dan strategi guru ppkn dalam memahami karakter displin siswa disekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dan objek penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan yang berjumlah 9 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan tes pemahaman. Wawancara dilakukan dengan 11 orang, yakni Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, serta 9 orang siswa kelas VIII yang pernah terlibat dalam kasus pelanggaran sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I masih 56% siswa yang memahami tentang Karakter displin dan itu masih dalam kategori “Tidak Baik”. Dari hasil yang didapat di siklus I, peneliti memutuskan untuk melakukan menjalankan layanan siklus II. Setelah peneliti melaksanakan layanan kemudian peneliti melakukan tes pemahaman kembali dan mendapatkan hasil bahwa anggota kelompok sudah 89% memahami dan ini sudah digolongkan dalam kategori “Baik”. Dimana dari hasil tes ini, peneliti dapat mengatakan bahwa anggota kelompok sudah memahami dengan baik mengenai karakter displin dan sudah mulai menjauhi serta sudah ada beberapa yang benar-benar melakukan tindakan karakter displin lagi
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25106
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI UMMI NAMORA RANGKUTI.pdfFull text1.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.