Abstract:
Dari sekian banyak ruas jalan nasional yang ada di Kabupaten Simalungun,
salah satunya adalah ruas Jalan Merdeka Bahapal, yang merupakan jalur utama
dan keberadaannya sangat penting. Dengan meningkatnya arus lalu lintas,
khususnya kendaraan barang dan jasa angkutan seperti milik industri kelapa
sawit, industri getah karet, dan angkutan umum ini ternyata memberikan
pengaruh dan dampak yang merugikan bagi kemampuan pelayanan struktur
jalan. Penelitian kerusakan Jalan. Merdeka Bahapal menggunakan Metode
Pavement Condition Index (PCI). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui permasalahan kerusakan jalan yang ada dan menentukan solusi
penanganannya. Jenis kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Merdeka Bahapal
adalah Retak Kulit Buaya, Retak Pinggir, Lubang, dan Pelepasan Butir.
Permasalahan kerusakan jalan yang terjadi dikarenakan tingginya volume
lalulintas kendaraan berat dengan nilai LHR untuk kendaraan berat 393. Dari
nilai LHR tersebut didapat untuk nilai Truck factor 7,61 > 1, yang menandakan
bahwa telah terjadi overload dengan nilai indeks kondisi perkerasan PCI
(Pavement Condition Index) terendah terdapat pada STA 1+100 S/D 2+100.
Nilai PCI (Pavement Condition Index) pada ruas jalan Merdeka Bahapal adalah
49 yang termasuk dalam kategori sedang