Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25065
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 104280 PULAU GAMBAR
Authors: SENI
Keywords: Model Pembelajaran Number Head Together (NHT);Keaktifan Belajar Siswa
Issue Date: 1-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SD Negeri 104280 Pulau Gambar khususnya pada kelas V . Berdasarkan permasalahan dari penelitian yang didapatkan bahwa siswa yang pasif dalam proses pembelajaran, kurangnya minat belajar siswa, respon siswa selama proses pembelajaran rendah, pembelajaran hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut menyebabkan rendahnya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran jadi tidak efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri 104280 Pulau Gambar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi pe nelitian adalah seluruh kelas V SD Negeri 104280 Pulau Gambar yang berjumlah 32 siswa . Teknik pengambil sampel yaitu Total Sampling yang dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil Nilai rata-rata yang diperoleh kelas pre-test adalah 59.25 sedangkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh kelas post-test adalah 77.75. Teknik pengambilan data menggunakan uji Mann-Whitney U Test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pretest dan posttest Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri 104280 Pulau Gambar
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25065
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SENI (1).pdf7.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.