Research Repository

Penerapan Strategi Think Talk Write dengan Menggunakan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X pada SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Suci
dc.date.accessioned 2020-03-11T09:21:27Z
dc.date.available 2020-03-11T09:21:27Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2505
dc.description.abstract Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah dengan penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 32 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk subjektif tes terstruktur dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan rata-rata kelas dan tingkat ketentuan belajar. Adapun hasil penelitian pada siklus I dengan nilai ratarata 80,94 dari 32 siswa ada 20 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan di siklus ke II dengan nilai rata-rata 87,41 dari 32 siswa ada 29 siswa yang sudah memenuhi ketuntasan belajar. Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa ternyata penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa dan juga aktivitas belajar siswa dalam belajar Akuntansi. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara klasikal setelah menerapkan strategi pembelajaran think talk write dengan menggunakan media kartu soal dari 80,94% pada siklus I , kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat memuaskan dengan tingkat ketuntasan 87,41%. en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Think Talk Write en_US
dc.subject Media Kartu Soal en_US
dc.title Penerapan Strategi Think Talk Write dengan Menggunakan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X pada SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account