dc.description.abstract |
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah dengan penerapan
Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal
dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2
HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan
menggunakan Media Kartu Soal untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi di
kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Akuntansi
SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 32 siswa.
Sedangkan objek penelitian adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk
Write dengan menggunakan Media Kartu Soal untuk meningkatkan hasil belajar
akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk subjektif tes
terstruktur dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan rata-rata kelas dan
tingkat ketentuan belajar. Adapun hasil penelitian pada siklus I dengan nilai ratarata
80,94 dari 32 siswa ada 20 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar
sedangkan di siklus ke II dengan nilai rata-rata 87,41 dari 32 siswa ada 29 siswa
yang sudah memenuhi ketuntasan belajar.
Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa ternyata penerapan Strategi
Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa dan juga aktivitas belajar siswa dalam
belajar Akuntansi. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran meningkat.
Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara
klasikal setelah menerapkan strategi pembelajaran think talk write dengan
menggunakan media kartu soal dari 80,94% pada siklus I , kemudian pada siklus
II mengalami peningkatan yang sangat memuaskan dengan tingkat ketuntasan
87,41%. |
en_US |