Abstract:
Tidur yang cukup sangat penting untuk fungsi kognitif dan kesejahteraan secara
keseluruhan, terutama selama masa remaja, yang merupakan periode kritis bagi
perkembangan akademik dan sosial. Kualitas tidur yang buruk dapat berdampak negatif
pada fokus, pemrosesan informasi, suasana hati, dan prestasi akademik. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas tidur terhadap konsentrasi belajar siswa
SMA Muhammadiyah 01 di Kota Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah
korelasional cross-sectional, yang mengumpulkan data tentang kualitas tidur dan
konsentrasi belajar secara bersamaan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa sebagian besar
siswa (76,15%) melaporkan kualitas tidur yang buruk. Ditemukan korelasi positif yang
sedang antara kualitas tidur dan konsentrasi belajar, menunjukkan bahwa kualitas tidur
yang lebih baik terkait dengan peningkatan konsentrasi di kalangan siswa. Temuan ini
menekankan prevalensi kualitas tidur yang buruk di antara siswa SMA Muhammadiyah 01
Medan dan menekankan hubungan signifikan antara kualitas tidur dan konsentrasi belajar.
Mempromosikan kebiasaan tidur yang sehat di kalangan remaja sangat penting untuk
meningkatkan prestasi akademik dan kesejahteraan secara keseluruhan.