Research Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEBUDAYAAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 050750 PANGKALAN BERANDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ELZA, PARADIBA
dc.date.accessioned 2024-09-10T02:05:07Z
dc.date.available 2024-09-10T02:05:07Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25042
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran Monopoli Berbasis Kebudayaan terhadap minat belajar siswa dalam Pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 050750 Pangkalan Berandan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah teknik sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan, kelas IV A yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran monopoli berbasis kebudayaan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyaratan (uji normalita dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dilihat dari pengujian uji t-tes pada independent simple test terdapat pengaruh media pembelajaran monopoli berbasis kebudayaan terhadap minat belajar siswa dalam pembeljaran IPS dikelas IV pada thitung 15.187 > ttabel 1.680 . Ini menunjukkan adanya pengaruh yang diberikan pada table diatas jika dilihat dari Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan dari data output tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Kebudayaan en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEBUDAYAAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 050750 PANGKALAN BERANDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account