Research Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 050712 HINAI KIRI KEC. SECANGGANG KAB. LANGKAT

Show simple item record

dc.contributor.author SUCI, PRAMADANA
dc.date.accessioned 2024-09-10T02:00:37Z
dc.date.available 2024-09-10T02:00:37Z
dc.date.issued 2024-07-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25041
dc.description.abstract Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis puisi siswa sehingga menyebabkan kesulitan menulis puisi dan Model pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi dan kurang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga siswa kurang bisa memahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan menulis puisi melalui Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 050712 Hinai Kiri Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian PTK dengan pendekatan metode Contextual Teaching and Learning, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa dalam menulis puisi. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi untuk aspek menyampaikan gagasan dan menentukan tema nilai rata-rata 69.78 dengan presentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 34.72% (8 siswa). Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi untuk aspek menyampaikan gagasan, menentukan tema, memilih kata-kata, dan menyusun kata-kata nilai rata-rata 77.60 dengan presentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100% (23 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan melalui Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 050712 Hinai kiri tahun ajaran 2023/2024 en_US
dc.subject Menulis Puisi en_US
dc.subject Metode Contextual Teaching and Learning en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 050712 HINAI KIRI KEC. SECANGGANG KAB. LANGKAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account