Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25041
Title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 050712 HINAI KIRI KEC. SECANGGANG KAB. LANGKAT
Authors: SUCI, PRAMADANA
Keywords: Menulis Puisi;Metode Contextual Teaching and Learning
Issue Date: 21-Jul-2024
Abstract: Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis puisi siswa sehingga menyebabkan kesulitan menulis puisi dan Model pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi dan kurang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga siswa kurang bisa memahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan menulis puisi melalui Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 050712 Hinai Kiri Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian PTK dengan pendekatan metode Contextual Teaching and Learning, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa dalam menulis puisi. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi untuk aspek menyampaikan gagasan dan menentukan tema nilai rata-rata 69.78 dengan presentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 34.72% (8 siswa). Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi untuk aspek menyampaikan gagasan, menentukan tema, memilih kata-kata, dan menyusun kata-kata nilai rata-rata 77.60 dengan presentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100% (23 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan melalui Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 050712 Hinai kiri tahun ajaran 2023/2024
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25041
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SUCI PRAMADANA FIX 03.pdf6.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.