Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25015
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAHRAINI, NASUHA-
dc.date.accessioned2024-09-06T02:40:57Z-
dc.date.available2024-09-06T02:40:57Z-
dc.date.issued2024-08-07-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25015-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarblakangi oleh rendahnya kemampuan memahami siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 164612. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, masih terdapat sebanyak 57% siswa dikelas V yang belum mendapatkan nilai tuntas, atau masih dibawah KKM. Hal ini ternyata disebabkan oleh kurangnya variasi belajar yang dilaksanakan dikelas, diketahui bahwa guru dikelas hanya menggunakan pembelajaran berbasis ceramah, sehingga siswa merasa jenuh dan menjadi faktor utama siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajarn Video Animasi berbasis Canva terhadap Kemampuan Memahami Materi Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 164612. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh siswa kelas V berjumlah 28 siswa, sampel yang diambil adalah seluruh bagian populasi, sehingga menggunakan teknik Sampling Jenuh. Adapun variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah Media Pembelajaran berbasis Canva, sedangkan variabel terikatnya (Y) merupakan Kemampuan Memahami Materi. Uji yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas untuk melihat apakah instrumen valid dan reliabel. Kemudian, untuk menguji apakah terdapat pengaruh signifikan, menggunakan uji hipotesis Paired Sample T-Test, karena hanya menggunakan 1 kelas percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pada penggunaan media pembelajaran berbasis canva terhadap kemampuan memahami materi siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jika didefinisikan secara singkat maka terdapat pengaruh positif penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi berbasis Canva terhadap Kemampuan Memahami Materi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 164612.en_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Berbasis Canvaen_US
dc.subjectKemampuan Memahami Materien_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 164612en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SYAHRAINI NASUHA.pdfFull Text2.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.