Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa di SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak

Show simple item record

dc.contributor.author Taratih, Evi
dc.date.accessioned 2020-03-11T07:53:05Z
dc.date.available 2020-03-11T07:53:05Z
dc.date.issued 2017-01-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2500
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemandirian dan rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jurnal khusus. Siswa kelas XI SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI Akuntansi yang berjumlah 38 orang sebagai sampel penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari angket 18 item pre test 9 item dan post test 9 item yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabiliitasnya. Dari hasil analisis data angket diperoleh nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran Reciprcal Teaching 56,18, dan sesduah menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching 59,55. pre test diperoleh nilai rata-rata 71,05 dan standar deviasi 10,28. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 85,39 dan standar deviasi 10,28 dalam pengujian hipotesis kemandirian belajar menunjukkan thitung4,88 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N – 1 = 37 maka ttabel = 1,683. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh (4,88>1,683), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Untuk pengujian hipotesis hasil belajar menunjukkan thitung5,34 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db= N-1 = 37 maka ttabel 1,683 dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh (5,34>1,683), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. sehingga kesimpulannya adalah “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa di SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017”. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Kemandirian dan Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa di SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account