Abstract:
Penelitian ini meliputi penggunaan media pembelajaran Word Square dalam
kegiatan pembelajaran didalam kelas. Peneliti mengembagkan media pembelajaran
word square pada pembelajaran IPA. Peneliti ini merupakan jenis penelitian
pengembangan atau Research & Development (R&D) mengadopsi model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media word square pada
pembelajaran IPA materi Perubahn Cuaca dinayatakan valid dan Praktis. Tingkat
kevalidan dan kpraktisan media Word Square dilihat berdasarkan pada penilaian
oleh Valaidator Media diperoleh nilai “92%”, Validator Materi “97%”, Validator
Bahasa “78%” dan respon Peserta didik “95,%”, dengan kriteria “Sangat Praktis”,
yang artinya media “Valid” untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Kemudian hasil penilaian kepraktisan media oleh guru menunjukkan hasil nialai
yaitu “94,2%”, dan dengan kriteria “Sangat Praktis” yang artinya media “Praktis ”
untuk digunakan dalam media pembelajaran