Research Repository

Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Gajah Mada

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Vera
dc.date.accessioned 2020-03-11T07:41:48Z
dc.date.available 2020-03-11T07:41:48Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2496
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA Gajah Mada melihat kondisi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Gajah Mada kelas XI yang berjumlah 40 orang. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumen sebagai alat yang digunakan untuk pengambilan data di tengah lapangan. Berdasarkan analisis data diketahui hasil belajar siswa Akuntansi SMA Gajah Mada adalah 85,45 dan standar deviasinya 9,618, dimana peneliti akan melihat hubunganantar variabel yang diteliti. Dari pengujian Hipotesis variabel X1 terhadap variabel Y menggunakan rumus regresi, dalam hal ini peneliti menggunakan SPSS versi 18 diperoleh nilai t sebesar -0,933 (Lihat Lampiran) lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Dan hal itu sejalan dengan taraf signifikansi diperoleh 0,357 lebih besar dari pada 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah Mada. Hipotesis variabel X2 terhadap variabel Y menggunakan rumus korelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 18 diperoleh nilai t sebesar -0,951 (Lihat lampiran SPSS versi 18) lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Dan sejalan dengan taraf signifikansi yg diperoleh sebesar 0,348 lebih besar dari pada 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah mada. Hipotesis variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan aplikasi SPSS versi 18, diperoleh nilai t hitng motivasi sebesar -0,729 dan t hitung kemandirian sebesar -0,751 (Lihat Laampiran SPSS versi 18) keduanya lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Hal tersebut sejalan dengan nilai signifikansi motivasi sebesar 0,471 dan nilai signifikansi kemandirian sebesar 0,457 (Lihat lampiran SPSS versi 18) keduanya lebih besar dari pada 0,05. Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kemandirian tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah Mada. en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Kemandirian dan hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Gajah Mada en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account