dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi
dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA Gajah Mada
melihat kondisi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah tersebut.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Gajah Mada kelas XI
yang berjumlah 40 orang. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah Total
Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumen
sebagai alat yang digunakan untuk pengambilan data di tengah lapangan.
Berdasarkan analisis data diketahui hasil belajar siswa Akuntansi SMA
Gajah Mada adalah 85,45 dan standar deviasinya 9,618, dimana peneliti akan
melihat hubunganantar variabel yang diteliti.
Dari pengujian Hipotesis variabel X1 terhadap variabel Y menggunakan
rumus regresi, dalam hal ini peneliti menggunakan SPSS versi 18 diperoleh nilai t
sebesar -0,933 (Lihat Lampiran) lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Dan hal
itu sejalan dengan taraf signifikansi diperoleh 0,357 lebih besar dari pada 0,05.
Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa SMA Gajah Mada.
Hipotesis variabel X2 terhadap variabel Y menggunakan rumus korelasi
dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 18 diperoleh nilai t sebesar -0,951
(Lihat lampiran SPSS versi 18) lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Dan
sejalan dengan taraf signifikansi yg diperoleh sebesar 0,348 lebih besar dari pada
0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian siswa tidak berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah mada.
Hipotesis variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan aplikasi
SPSS versi 18, diperoleh nilai t hitng motivasi sebesar -0,729 dan t hitung
kemandirian sebesar -0,751 (Lihat Laampiran SPSS versi 18) keduanya lebih
kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Hal tersebut sejalan dengan nilai signifikansi
motivasi sebesar 0,471 dan nilai signifikansi kemandirian sebesar 0,457 (Lihat
lampiran SPSS versi 18) keduanya lebih besar dari pada 0,05. Dari keterangan di
atas dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kemandirian tidak berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah Mada. |
en_US |