dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan
menggunakan srtategi permainan rangking 1 berbantuan media kartu di SMA Gajah Mada
Medan. untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan rangking 1 berbantuan media
kartu soal terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X1 SMA Gajah Mada Medan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 yang berjumlah 38
orang.Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah total sampling instrumen yang
digunakan adalah tes dengan dengan jumlah soal 15 butir yang berbentuk pilihan ganda
tentang mengelola jurnal penyesuaian yang terlebih dahulu diuji validitas dan realibilitasnya.
Berdasarkan analisis data diketahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi
pembelajaran permainan rangking 1 berbantuan media kartu soal diperoleh nilai rata-rata
65,13 dan standart deviasi adalah 13,022. Sedangkan hasil belaja rakuntansi yang diajarkan
dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan rangking 1 berbantuan media kartu
soal diperoleh nilai rata-rata 70,13 dan standart deviasinya 14,658.Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa hasil belajar akuntansi siswa sesudah menggunakan permainan rangking 1
berbantuan media kartu soal lebih baik hasilnya dibandingkan sebelum menggunakan strategi
pembelajaran permainan rangking 1 berbantuan media kartu soal pada kompetensi dasar
jurnal penyesuaian.
Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung=2,131 dan ttabel=2,03 karena
thitung>ttabel(2,131>2,03) maka H oditolak dan Haditerima.Dengan demikian hasil penelitian
ini di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi siswa sebelum dan
sesudah menggunakan strategi permainan rangking 1 berbantuan media kartu soal tahun
pelajaran 2016/2017 pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian. |
en_US |