dc.description.abstract |
ermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar auntansi siswa
kelas X BM Sinar Husni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan
Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division
(STAD) dengan Hasil Belajar Model Pembelajaran Teams Games Tournament
(TGT) pada pokok bahasan jurnal umum pada siswa SMK BM Sinar Husni
Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Helvetia yang beralamat di Jln.
Venteran Gg. Utama pasar V Kabupaten Deli Serdang. Populasi yang digunakan
adalah kelas X AK1 berjumlah 38 siswa dan kelas X AK2 berjumlah 31 siswa
sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu X AK1 dan X AK2, dengan demikian
sampel penelitian ini berjumlah 69 siswa. Instrumen yang digunakan adalah
observasi tentang keaktifan siswa dan tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah
10 item.
Data analisis pre-test diperoleh rata-rata pada kelas X AK1 49,74 dan pada kelas X
AK2 yaitu 46,13, sedangkan untuk data post-test diperoleh rata-rata pada kelas X
AK1 90,92 dan pada kelas X AK2 yaitu 82,7. Dari hasil perhitungan diperoleh
thitung 3,938 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk =(N1 + N2) – 2=67
dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh ttabel =1,996 dan ternyata thitung > ttabel
(3,938>1,996) maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat ―Perbedaan Hasil Belajar
antara Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan
model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa SMK BM Sinar
Husni Helvetia Tahun Pembelajara 2016/2017. |
en_US |