dc.description.abstract |
Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan
pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus mampu
memilih dan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan
materi sehingga siswa dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, serta
guru juga terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam
skripsi ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatuf tipe
STAD (Student Teams achievement Division) terhadap keaktifan belajar IPS
peserta didik kelas IV SD Negeri 064967 Medan Timur ?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang
digunakan adalah Pretest-Posttest Design, yang melibatkan kelas eksperimen (IV
A) dan kelas kontrol (IV-B). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar
observasi dan soal tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t
atau SPSS dan data dari lembar observasi dianalisis menggunakan analisis
deskriptif (persentase).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keaktifan belajar
siswa dengan model pembelajaran STAD memenuhi kriteria penilaian sangat baik,
(2) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diajarkan dengan model STAD di
dapat thitung > ttabel yaitu 6,762> 2,01174. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri
064967 Medan Timur. |
en_US |