Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran
matematika dengan menggunakan aplikasi scratch. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana cara pengembangan media pembelajaran
menggunakan aplikasi scratch serta untuk mengetahui kelayakan media terhadap
peningkatan minat belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga
tahap yaitu, tahap Analisis (Analysis), tahap Desain (Design), dan tahap
Perancangan (Development). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B
MTs Al-Fauzi Cinta Rakyat dengan menggunakan skala kecil yang melibatkan
sebanyak 10 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang
terdiri dari angket ahli media, angket ahli materi, angket guru matematika, dan
angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika
menggunakan aplikasi scratch yang di dalamnya tedapat audio, teks, dan gambar.
Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diperoleh hasil validasi oleh ahli media
sebesar 94% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 80% dengan kategori
layak, guru matematika sebesar 92% dengan kategori sangat layak, dan angket
respon siswa yang diperoleh 88,2% dengan kategori sangat menarik.