Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal
ini disebabkan oleh minat belajar siswa yang rendah, siswa mengangap pelajaran
matematika sulit dan membosankan. Dengan demikian dibutuhkan pendekatan
pebelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, baik secara fisik, emosi, dan sosial,
salah satunya dengan permainan tradisional engklek. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah Permainan Tradisional Engklek efektif diterapkan dalam
pembelajaran matematika pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan pra eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri
6 Tanjung Medan. Adapun kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa
kelas 𝑉𝐼𝐼𝐴 SMP Negeri 6 Tanjung Medan sebanyak 63 siswa. Analisis data yang
dilakukan yaitu analisis hasil belajar matematika, analisis aktivitas siswa, analisis
respon siswa, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis efektifitas media
pembelajaran dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menujukkan Permainan
Tradisional Engklek efektif dalam menaingkatkan hasil belajar matematika pada
siswa dengan gain = 71% bermakna efektifitas dalam kategori tinggi. Hasil
persentase aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika melalui
Permainan Tradisional Engklek yang telah diamati secra kesseluruhan
dikategorikan aktif hal ditunjukkan dengan perolehan rata-rata persentase aktivitas
siswa sebanyak 84% yang aktif dalam pembelajaran matematika. Kemudian hasil
persentasi respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika melalui
Permainan Tradisional Engklek adalah 96% hal ini tergolong respon positif
sebagaimana standar yang telah ditentukan yaitu lebih dari 70%. Dan hasil dari
keterlaksanaan pembelajaran matematika melalui Permainan Tradisional Engklek
berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 3,84 dari skor idealnya adalah
4,00.