dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan
Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, (2) Pengaruh signifikan iklim kerja
terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Dolok Batu
Nanggar Kabupaten Simalungun, (3) Pengaruh signifikan kemampuan guru
terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Dolok Batu
Nanggar Kabupaten Simalungun, (4) Pengaruh signifikan kepemimpinan kepala
sekolah, iklim kerja dan kemampuan gurusecara bersama-sama terhadap kinerja
guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten
Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah
Pertama Sekecamatan Dolok Batu Nanggar dengan jumlah 106 guru dan sampel
yang digunakan dalam penenlitian ini adalah 52 guru. Penelitian ini menggunakan
analisis data yaitu regresi berganda dengan taraf signifikansi 0,05, kemudian
pengolahan data yang telah diperoleh dengan bantuan program data SPSS
(Statistical Product and Service Solution) versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Dolok
Batu Nanggar Kabupaten Simalungun dilihat dari nilai thitung > ttabel atau 8,743 >
2,010; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklim kerja terhadap
kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Dolok Batu Nanggar
Kabupaten Simalungun dilihat dari nilai thitung > ttabel atau 9,135 > 2,010; (3)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan guru terhadap kinerja
guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten
Simalungun dilihat dari nilai thitung > ttabel atau 9,617 > 2,010; (4) Terdapat pengaruh
secara simultan kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan kemampuan guru
terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Dolok Batu
Nanggar Kabupaten Simalungun dilihat dari nilai thitung > ttabel berdasarkan analisis
data diperoleh Fhitung 36,199 > 2,798 Ftabel dan koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0,693 yang mengindikasikan bahwa 69,3% kinerja guru dapat diperoleh
dan dijelaskan oleh variabel Kepemimpinan kepala sekolah (X1), iklim kerja (X2),
dan kemampuan guru (X3). Sedangkan sisanya 30,7% dapat dijelaskan oleh faktor faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini |
en_US |