Abstract:
Tujuan penelitianini (1.) untuk mengetahui keterampilan menulis teks puisi siswa
Kelas VII SMP Pertiwi Medan TahunPembelajaran 2022/2023 sebelum
menggunakan model pembelajaran project based learning. (2.) Untuk mengetahui
keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas VII SMP Pertiwi Medan Tahun
Pembelajaran 2022/2023 sesudah menggunakan model pembelajaran project
based learning. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project
based learning terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas VII SMP
Pertiwi Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian eksperimenone gruop pre test dan post tes.
Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VII berjumlah 63 siswa dan
sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa. Dari
penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran
projectbased learning nilai rata-rata pre-test yang diuji pada kelas VII-1 sebesar
59,66 dengan standar deviasi 11, 14 diperoleh nilai tertinggi 85 dan nilai terendah
25 Sedangkan dari hasil penelitian sesudah menggunakan model pembelajaran
project based learning pada kelas VII-1 nilai rata-rata post-test sebesar 84,66
denganstandardeviasi 15,53 dan diperoleh nilai tertinggi sebesar 95 dan
nilaiterendah 65. Berdasarkanhasilperhitungan uji hipotesis diperoleh thitung
sebesar 264,7 selanjutnya bila di konsultasikan dengan nilai ttabel pada
tarafsignifikan 0,05 dan df = N-1 = 30-1 = 29, makanilaittabel = 1,69. Dengan
membandingkan antara thitung dengan ttabel dengan criteria thitung>ttabel
(264,71>1,69) sehingga Ha atau penelitian ini diterima. Dengan kata lain terdapat
pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan
Menulis Teks Puisioleh Siswa Kelas VII-1 SMP Pertiwi Medan Tahun
Pembelajaran 2022/2023.