Abstract:
Dalam penelitian ini peneliti mengangkat rumusan masalah adalah bagaimana
pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada
siswa kelas X Madrasyah aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran
2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajarn
menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks
negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun
Pembelajaran 2022/2023. Populasi adalah seluruh siswa kelas X Madrasyah
Aliyah Swasta Sidikalang yang berjumlah 50 siswa. Sedangkan sampel diambil
sebanyak dua kelas, yaitu 25 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan
model konvesional dan 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran eksperimen. Berdasarkan analisis data yang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian “Ada pembelajarn
menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks
negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang”. Pelaksanaan
penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada
pengaruh perbedaan antara dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Liliefors dan
mencari t-hitung.Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah
menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara tes kelas
kontrol dengan rata-rata 70 dengan kategori baik dan nilai tes eksperimen dengan
rata-rata 83,48 dengan kategori sangat baik dan diperoleh nilai t-hitung 5,65 dan ttabel 1,6677, maka t-hitung > t-tabel. Dari hasil terssbut maka dapat disimpulkan
bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada pengaruh pembelajaran menggunakan
media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada
siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran
2022/2023.