dc.contributor.author |
NASUHA, SALSABILA NASUTION |
|
dc.date.accessioned |
2024-07-12T06:13:28Z |
|
dc.date.available |
2024-07-12T06:13:28Z |
|
dc.date.issued |
2024-06-10 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24774 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa,
siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan pembelajaran
masih terpusat pada guru dan guru belum menerapkan model pembelajaran yang
melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 11
Medan yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel
jenuh. Variabel bebas adalah model pembelajaran Probem Based Learning,
variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis
menggunakan Paired Sampel T-Test yang didahului dengan uji validitas dan uji
reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai
signifikansi sebesar 0,003. Berarti 0,003 < 0,005. Maka Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD
Muhammadiyah 11 Medan. |
en_US |
dc.subject |
Model Problem Based Learning |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |