Research Repository

ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA MITOS PADA FILM HOROR WAKTU MAGHRIB KARYA SIDHARTA TATA

Show simple item record

dc.contributor.author SRY, RAHMADANI
dc.date.accessioned 2024-07-12T05:00:15Z
dc.date.available 2024-07-12T05:00:15Z
dc.date.issued 2024-05-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24772
dc.description.abstract Film merupakan salah satu media komunikasi massa audiovisual yang di dalamnya terdapat informasi, edukasi, dan juga hiburan. Biasanya film dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai pesan, baik itu pesan moral, sosial, budaya, kritik, dan lain sebagainya. Dampak film sangat berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat. Film Waktu Maghrib yang disutradarai oleh Sidharta Tata ini bercerita tentang anak-anak yaitu Saman dan Adi yang telah melanggar mitos waktu maghrib atau pantangan pada saat maghrib yang membuat mereka celaka. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana makna mitos pada film horor Waktu Maghrib Karya Sidharta Tata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussure yang berupa penanda (signifier) dan petanda (signified). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan) yaitu menonton film Waktu Maghrib dan mencari unsur-unsur tanda yang mengandung makna mitos. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penulisan ini berkaitan dengan makna mitos dalam film Waktu Maghrib dimana mitos sebenarnya ada untuk memberikan arah dan tatanan dalam kehidupan manusia. en_US
dc.subject Film Waktu Maghrib en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject Makna Mitos en_US
dc.title ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA MITOS PADA FILM HOROR WAKTU MAGHRIB KARYA SIDHARTA TATA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account