dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar
instrinsik terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi pada kelas XI SMA swasta
Asuhan Daya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 dan untuk Mengetahui pengaruh
motivasi terhadap hasil belajar siswa akuntansi pada kelas XI SMA Swasta
Asuhan Daya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Asuhan Daya, Jl. Pematang
Pasir, Gg Wakap, Tanjung Mulia Hilir, Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara
telp: +62616626084 kode pos: 20241, Indonesia. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMA Swasta Asuhan Daya Medan yang berjumlah 32
orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Asuhan
Daya Medan yang berjumlah 32 orang.
Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan daftar penilaian akhir
siswa. Metode analisis yang digunakan dengan teknik analisis kuantitatif regresi
sederhana. Data diolah dengan program SPSS version 16.0 for windows.
Dari hasil perhitungan diperoleh Rata-rata hasil belajar siswa akuntansi
kelas XI SMA Swasta Asuhan Daya Medan T.P 2016/2017 adalah 70,33. Korelasi
yang dicapai adalah sebesar 0,795 yaitu cukup tinggi, dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar dan hasil
belajar siswa. Dari perhitungan dapat dilihat bahwa nilai a = 37,377 dan b = 0,383
sehingga diperoleh persamaan regresi Y = 37,377 + 0,383 X. Dengan kata lain,
setiap peningkatan nilai motivasi belajar, maka maka hasil belajar akan meningkat
sebanyak 0,383 kali.Nilai signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ada
pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. |
en_US |