Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/24767
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ADHA, FEBRIANTI | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-12T04:04:53Z | - |
dc.date.available | 2024-07-12T04:04:53Z | - |
dc.date.issued | 2024-05-06 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24767 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 101869 Desa Sena melalui penerapan Model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Nilai rata-rata belajar siswa pra siklus hanya 55,5 dengan persentase 30%. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I nilai ketuntasan siswa meningkat dari 30% menjadi 50%. Pada siklus II nilai ketuntasan siswa lebih meningkat dari 50% menjadi 100%. Tanggapan siswa mengenai model pembelajaran Problem Based Learning adalah 100% menyenangkan, siswa menjadi aktif dan membantu memahami materi pelajaran. | en_US |
dc.subject | Penerapan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Keaktifan Belajar | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101869 DESA SENA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ADHA FEBRIANTI (2002090015).pdf | Full Text | 10.66 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.