Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menelaah unsur-unsur
buku nonfiksi secara tertulis pada siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun
pembelajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw.
untuk mengetahui kemampuan menelaah unsur-unsur buku nonfiksi secara tertulis
pada siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023 sesudah
menggunakan model pembelajaran jigsaw . Untuk mengetahui adanya pengaruh
model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan kemampuan menelaah unsur unsur buku nonfiksi secara tertulis pada siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun
pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian eksperimen di mana objek yang diteliti adalah siswa kelas VIII
SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023 untuk mengetahui pengaruh
(perlakuan) model pembelajaran jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII berjumlah 65 siswa dan sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 33 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan
bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw nilai rata-rata pre-test
yang diuji pada kelas VIII-1 sebesar 48,78 dengan standar deviasi 8,60 diperoleh
nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 40 Sedangkan dari hasil penelitian sesudah
menggunakan model pembelajaran jigsaw pada kelas VIII-1 nilai rata-rata post test sebesar 80,60 dengan standar deviasi 14,08 dan diperoleh nilai tertinggi
sebesar 95 dan nilai terendah 70. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh
thitung 13,25 dan bila dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05
dan df = N – 1, 33– 1 = 32, maka ttabel = 1,69. Dengan membandingkan antara
thitung dengan ttabel dengan kriteria thitung > ttabel (13, 25 > 1,69 ) sehingga Ha
diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap
hasil belajar kemampuan menelaah unsur-unsur buku nonfiksi secara tertulis pada
siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023.