Research Repository

PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 07 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author HANDAYANI, NITA FITRI
dc.date.accessioned 2024-07-12T03:09:33Z
dc.date.available 2024-07-12T03:09:33Z
dc.date.issued 2024-04-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24758
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk media video animasi berbasis etnomatematika pada mata pelajaran matematika. (2) Mengetahui tingkat kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan (dissemination) yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan media video animasi berbasis etnomatematika di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media pembelajaran rata-rata 90% untuk ahli materi, 97,1% untuk ahli media, 90% untuk ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 93,33% dan untuk respon siswa diperoleh 95,11%, artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis etnomatematika telah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Video Animasi en_US
dc.subject Berbasis Etnomatematika en_US
dc.title PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 07 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account