Abstract:
Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Labuhan Deli, tujuan penelitian untuk mengetahui
Strategi Pengembangan UMKM Pada Kelompok PKK Di Kelurahan Labuhan Deli. Jenis
penelitian menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif yang didasari oleh
fakta di lapangan. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan 6
informan diantaranya lurah, sekretaris PKK, Pokja II, 3 pelaku UMKM. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan UMKM sudah dijalankan namun
belum bisa dikatakan optimal. Strategi pengembangan UMKM pada kelompok PKK
berupa kreativitas desain produk, peningkatan kualitas, pemasaran, keunikan produk,
inovasi produk, menambah varian produk, adanya pelatihan, pemasaran dan promosi secara
offline dan online serta dukungan pengurusan sertifikat halal, hak merek dan logo. UMKM
pada kelompok PKK melakukan pengelolaan keuangan dengan cara mencatat pengeluaran
dan pemasukan, mengikuti kompetisi UMKM sebagai wadah penambahan modal usaha
dan bantuan modal dari pra koperasi simpan pinjam yang dikelola kelompok PKK. Akan
tetapi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengembangan UMKM dapat
berjalan dengan efektif, seperti inovasi kemasan produk belum diterapkan dengan baik,
kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pemasaran dan inovasi produk yang dilakukan
oleh pelaku UMKM dan belum memiliki strategi yang efektif dalam memilih dan
menyeleksi agen, distributor dan supplier untuk memasarkan produk UMKM.