Abstract:
Dasar penelitian ini ialah Desa Bakti Makmur menjadi sasaran dalam program
Pamsimas III karena kurangnya sumber air, dan setelah adanya program Pamsimas ini
diharapkan dapat memberikan akses air bersih kepada masyarakat dan sesuai sasaran dan
tujuan dari program Pamsimas dengan dibentuknya tim Pamsimas. Adanya penelitian ini
untuk mengetahui efektivitas pelayanan partisipatif yang merupakan pendekatan
pemangku kepentingan orang banyak dan dianalisis menggunakan teori yang sesuai dan
dapat dibandingkan dengan keadaan dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk
menganalisis pelayanan tim Pamsimas dalam pendistribusian air bersih dengan jaringan
perpipaan yang disalurkan ke masing-masing rumah masyarakat pada program Pamsimas
di Desa Bakti Makmur. Peneliti ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan
analisis kualitatif. Dimana metode penelitian deskriptif menekankan pada penelitian
observasi dilapangan, wawancara, dan juga data ataupun dokumen. Sumber data yang
digunakan dalam penelitiaan ini adalah dengan data sekunder dan data primier dengan
jumlah keyinforma sebanyak 11 orang, termasuk tim Pamsimas, Kepala Desa Bakti
Makmur, RT, dan masyarakat setempat. Hasil penelitian ini meunjukan bahwa dengan
adanya program Pamsimas dengan dijalankan tim Pamsimas di Desa Bakti Makmur
Kecamatan Bagan Sinembah Raya Kabupaten Rokan Hilir sudah berjalan efektif. Dilihat
pada pelaksanaan program sesuai tujuan, pelayanan yang diberikan tim Pamsimas,
meskipun sasarannya belum tepat 100%, tetapi masyarakat banyak yang telah
mendapatkan dampaknya merasakan manfaat program. Efektifitas pelayanan tim
Pamsimas dalam Pendistribusian air bersih dilihat dari 7 indikator yaitu: transparansi,
akuntabilitas, partisipatif, kesamaan hak, fasilitas, ketersediaan barang dan jasa, serta
pemilihan saluran distribusi. Dari ketujuh indikator hanya partisipatif kurang dikarenakan
masyarakat tidak banyak ikut adil dalam program Pamsimas, hanya mengandalkan tim
Pamsimas.