dc.description.abstract |
Penggunaan Model Pembelajaran yang digunakan adalah Model
Pembelajaran Tutorial dengan Menggunakan Audio Visual. Penelitian ini
bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Model
Pembelajaran Tutorial dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil
Belajar Akuntansi Siswa SMK Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017. (2) Mengetahui pengeruh Model Pembelajaran Tutorial dengan
Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa
SMK Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas
X SMK Tamansiswa Medan. Sampel penelitian dilakukan oleh seluruh siswa
kelas X SMK Tamansiswa Medan dengan Teknik pengambilan sampel adalah
total sampling dengan menggunakan model pembelajaran Tutorial.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar
dalam bentuk essay test dengan 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliable.
Dari hasil penelitian ini rata-rata pre test adalah 66,03 setelah dilakukan perlakuan
pada kelas tersebut diperoleh nilai post test adalah 84,38 Model Pembelajaran
Tutorial dengan Menggunakan Media Audio Visual. Pada hasil pengujian
hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 30,248 > 1,701 pada dk = N-1 = 29-1 = 28
pada taraf α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh Model
Pembelajaran Tutorial dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil
Belajar Akuntansi Siswa SMK Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017. |
en_US |