Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan terhadap Pengembangan Modul Matematika Berbasis Open Ended
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada pokok bahasan Persamaan dan
fungsi eksponensial. Pada sekelompok kecil siswa kelas X SMKS Budi Agung
Medan. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok kecil dari siswa kelas
X SMKS Budi Agung Medan yang berjumlah 20 orang, dan objek dalam penelitian
ini adalah bahan ajar berupa modul dengan pendekatan open ended pada pokok
bahasan persamaan dan fungsi eksponensial. Model pengembangan modul yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang meliputi Pendefisian
(Define), perencanaam (Design), pengembangan (Develop) dan Penyebaran
(Disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan
(Develop) karna modul tidak melakukan penyebaran (Disseminate). Modul yang
telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasar penilaian validator yang
ditunjukkan dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media.
Hasil valaidasi ahli media mencapai rata-rata 3,4 dengan kategori sangat valid, dan
hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,6 dengan kategori sangat valid. Aspek
kepraktisan dinilai berdasarkan hasil penelitian siswa memenuhi kriteria sangat
baik, dan aspek keefektifan untuk meningkatkan pemahaman konsep dinilai
berdasarkan nilai pretest dan postest hasil belajar siswa yang diperoleh nilai gain
0,79 dengan presentase peningkatan 79% yang memenuhi krieria keefektifan.