dc.description.abstract |
Lingkungan Teman Sebaya merupakan lingkungan kedua setelah
keluarga dimana seorang anak atau siswa merasa nyaman untuk bereksperimen
dan menerima informasi baru dari luar lingkungan keluarga. Perkembangan
sosial pada anak ditandai dengan adanya perluasan hubungan, disamping dengan
para anggota, juga dengan teman sebaya sehingga ruang gerak sosialnya
bertambah luas. Gaya belajar adalah cara seseorang yang paling efektif dalam
memperoleh informasi dari lingkungannya, terutama saat ia harus menguasai
suatu materi. Gaya belajar juga diartikan sebagai prosedur sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat
juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil belajar adalah tahap pencapaian actual yang ditampilkan dalam bentuk
perilaku yang meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dan dapat
dilihat dalam bentuk kebiasaan, sikap, penghargaan. Hasil belajar pada dasarnya
terjadinya proses perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu, dari sikap
yang kurang baik menjadi lebih baik, dari tidak terampil menjadi temapil pada
peserta didik.
Dari hasil penelitian ini adapun tujuan yang didapatkan dari penelitian ini
adalah pengaruh lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil
belajar siswa kelas X AK SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran
2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentyasi
(daftar nilai siswa) dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis yang terdiri
atas uji t dan uji f, uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas data, uji
autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas.
Dari uji yang telah dilakukan dapat diperoleh nilai lingkungan teman
sebaya terhadap hasil belajar dapat disimpulkan tidak signifikan terhadap hasil
belajar siswa akuntansi kelas XAK SMK Swasta Harapan Stabat. Dan untuk
gaya belajar terhadap hasil belajar dapat disimpulkan bahwa gaya belajar
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas X AK SMK
Swasta Harapan Stabat. Analisis regresi berganda yang didapat dari lingkungan
teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar menunjukan adanya
pengaruh positif antara lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil
belajar. Hal ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan |
en_US |