dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi siswa
kelas IV SDN 106443 Sei Baharu, dikarenakan guru jarang menggunakan metode
pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Rumusan masalah yang terdapat
pada penelitian ini yaitu bagaimana tingkat kemampuan literasi siswa sebelum
dan sesudah pelaksanaan metode pembelajaran Question Answer Relationship
(QARS) Dikelas IV SDN 106443 Sei Baharu. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkat dan mengetahui kemampuan literasi pada siswa kelas IV SDN 106443
Sei Baharu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024 dalam
3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 106443 Sei Baharu
yang berjumlah 30 siswa yang terdiri 21 Laki-laki dan 9 perempuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik soal tertulis. Intrumen penelitian berupa
tes dan lembar observasi teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar
pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia dikelas IV SDN 106443 Sei Baharu.
Hasil kemampuan literasi sebelum diterapkan metode pembelajaran Question
Answer Relationship (QARS) terdapat 6 orang siswa yang tuntas sedangkan siswa
yang tidak tuntas terdapat 24 siswa dengan nilai rata rata 68, dengan persentase
20%. Pada siklus 1 terdapat 10 siswa yang tuntas dan 20 siswa yang tidak tuntas
dengan nilai rata rata 72, dengan persentase 33%. sedangkan siklus 2 hasilnya
mengalami sedikit peningkatan yaitu terdapat 12 siswa yang tuntas dan 18 siswa
yang tidak tuntas dengan nilai rata rata 78, dengan persentase 40%. Sedangkan
sikus 3 hasilnya sudah jauh membaik terdapat 26 siswa yang tuntas dan 4 siswa
yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 88, dengan persentase 86,6%. Dengan
demikian ada peningkatan persentase dari siklus 1 ke siklus 2 sebanyak 2 siswa
dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebanyak 14 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam
mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya
keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan
pendapat. |
en_US |