dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media jam putar berbasis
permainan kartu Pada Siswa Kelas Tinggi SD Hang Tuah 2 Titipapan T.P.
2022/2023. Latar belakang dari pengembangan ini adalah kurangnya penggunaan
media pembelajaran di kelas sehingga peneliti mengembangkan media
pembelajaran jam putar berbasis permainan kartu. Adapun perumusan masalah
yang melatarbelakangi adalah “Bagaimana pengembangan media jam putar
berbasis permainan kartu pada kelas tinggi di SD Hang Tuah 2 Titipapan memenuhi
kriteria valid dan praktis?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan media jam putar berbasis permainan kartu pada siswa kelas tinggi,
Untuk mengembangkan dengan kriteria valid pada media jam putar berbasis
permainan kartu pada siswa kelas tinggi, dan Untuk mengembangkan dengan
kriteria praktis pada media jam putar berbasis permainan kartu pada siswa kelas
tinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D yang
digunakan untuk menghasilkan produk berupa media jam putar berbasis permainan
kartu. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi dan sampel data penelitian
ini diambil dari sekolah SD Hang Tuah 2 Titipapan dengan jumlah populasi
keseluruhan 179 siswa dan pengambilan sampel berjumlah 24 orang dengan Teknik
sampel jenuh. Instrumen penelitian ini diambil berdasarkan lembar angket validasi
ahli bahasa, media pembelajaran, materi pembelajaran dan lembar angket
kepraktisan media berupa respon guru dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini
memperoleh presentase tingkat kevalidan rata – rata penilaian oleh ahli materi
89,33% , ahli media 90% dan ahli bahasa 85,41% dan hasil kepraktisan pada respon
peserta didik 89,41%, dan respon guru 82,22% menyatakan tertarik yang artinya
pengembangan media jam putar berbasis permainan kartu ini layak dan valid
sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). |
en_US |