dc.contributor.author | Khairunnisa, Siti | |
dc.date.accessioned | 2024-07-10T10:37:39Z | |
dc.date.available | 2024-07-10T10:37:39Z | |
dc.date.issued | 2024-05-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24684 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan pengunaan model pembelajaran Snowball Throwing di SD Negeri 064967 Medan Timur. Peserta didik diwajibkan untuk dapat aktif selama proses pembelajaran berlangsung.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggumpulkan data yang dilakukan dengan lembar observasi dan lembar angket dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan lembar tes bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada materi pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 2 kali pertemuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama pembelajaran Matematika setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas III SD Negeri 064967 Medan Timur. Hasil dari penelitian ini pada siklus I mencapai presentase sebesar 62% dengan rincian peserta didik yang mendapatkan kategori cukup sebanyak 2 peserta didik dengan presentase 10% dan peserta didik yang mendapatkan kategori baik sebanyak 18 oeserta didik dengan presentase 90%. Pada siklus II meningkat menjadi 72% dengan rincian peserta didik yang mendapatkan kategori baik sebanyak 15 peserta didik dengan presentase 75% dan peserta didik yang mendapatkan kategori sangat baik sebanyak 5 peserta didik dengan presentase 15%. Berdasarkan hasil presentase yang telah diperoleh maka peserta didik dapat dikatakan aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas III SD Negeri 064967 Medan Timur dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Terdapat peningkatan pada siklus I dan siklus II dengan selisish 10%. Pada siklus I presentase keaktifan mencapai 62% dan meningkat sebanyak 10% pada siklus II mencapai 72%. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Model Snowball Throwing | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Matematika | en_US |
dc.title | Penggunaan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III SD 064967 Medan Timur | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |