dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi di kelas X AK-1 YAPIM Taruna Medan. Hal ini terlihat dari kurang
mampunya siswa menyelesaikan soal-soal materi menyiapkan jurnal, sehingga
diperlukan usaha dan strategi guru dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
akuntansi di kelas X AK-1 YAPIN Taruna Medan dengan menggunakan
strategi Genius Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2
siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi. Sedangkan
untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan tes hasil belajar
siswa secara individu.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes (pretes dan posttes),
observasi aktivitas siswa. Tes adalah alat atau prosedur yang dipergunakan
dalam rangka pengukuran atau dan penelitian. Tes yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal
yang berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan adalah observasi aktivitas
siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam proses belajar
mengajar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal (pre tes)
presentase siswa yang tuntas 66,8% kemudian setelah dilakukan post tes siklus
I presentase ketuntasan naik menjadi 74,2% dan pada siklus ke II mengalami
peningkatan menjadi 80,4%. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “Ada
peningkatan hasil belajar Akuntansi siswa kelas X AK-1 di SMK YAPIM
Taruna Medan dengan menerapkan strategi Genius Learning tahun pembelajaran
2016/2017 diterima”. |
en_US |