Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENANAMAN PROFIL PANCASILA SISWA KELAS IV SDN 09 RANTAU SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.author HASIBUAN, AKHIRUNNISA
dc.date.accessioned 2024-07-10T07:05:14Z
dc.date.available 2024-07-10T07:05:14Z
dc.date.issued 2024-04-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24653
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman profil pelajar pancasila pada pilar bernalar kritis. Siswa belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga siswa sangat rendah dalam melakukkan penalaran kritis ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Brain Based Learning terhadap penanaman profil pelajar pancasila siswa kelas IV SDN 09 Rantau Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 09 Rantau Selatan yang berjumlah 84 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 57 siswa dengan mengambil kelas IV A yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV C yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes berbentuk essay. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dna uji homognitas) serta uji –t (hipotesis). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mdel pembelajaran brain based learning berpengaruh terhadap penanaman profil pelajar pancasila pada siswa kelas IV SDN 09 Rantau selatan, dilihat ari hasil analisis uji hipotesis (uji independent t-test) diperolehnya hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Ini membuktikan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap penanaman profil pelajar pancasila siswa kelas IV SDN 09 Rantau Selatan. Hasil analisis data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya perlakuan (tretmen) penggunaan model pembelajaran brain based learning yaitu sebesar 63,10. Sedangkan pada siswa dikelas ekperimen yang diberikannya perlakuan (treatmen) menggunkan model pembelajaran brain based learning memperoleh nilai rata-rata 86,07. Maka dari itu siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran brain based learning. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Brain Based Learning en_US
dc.subject Penanaman Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENANAMAN PROFIL PANCASILA SISWA KELAS IV SDN 09 RANTAU SELATAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account