dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui memanajemen pengembangan kurikulum
pendidikan karakter di UPTD SPF SMP N 3 Gunung Meriah. pendekatan penelitian adalah kualitatif
dengan deskripsi. Penelitian dilaksanakan di UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah Kabupaten
Aceh Singkil dengan jenis tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa UPTD SPF SMP N 3 Gunung Meriah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pengembangan kurikulum yang digunakan di
UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah adalah integrated curriculum yaitu kurikulum pendidikan
karakter terintegrasi dengan pelajaran umum,seperti matematika. IPS, IPA, bahasa,
jasmani/kesehatan, ketrampilan yang mengacu pada struktur kurikulum pembelajaran intrakurikuler
dan projec penguatan profil pelajar pancasila. Jadi kurikulum di desain dengan mengedepankan
nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan perkembangan
kurikulum nasional berdasarkan evaluasi tahun-tahun ajaran sebelumnya untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional maupun tujuan sekolah. Hal yang direncanaan pertama adalah analisis
kebutuhan, merumuskan visi dan misi dan design kurikulum. Pelaksanaan pengembangan
kurikulum pendidikan karakter di UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah dapat disimpulkan
penetuan kurikulum yang akan digunakan, Pembentukan tim kerja yang solid, kolaborasi antar guru
dnegan menjalin komunikasi yang harmonis dengan para guru dan kepala sekolah, Inovasi dalam
mengembangkan sekolah basis kurikulum, Penerimaan siswa baru memberlakukan rangkaian
seleksi ketat serta mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Dalam pengevaluasian UPTD SPF SMP
Negeri 3 Gunung Meriah Pihak sekolah perlu menyiapkan sejumlah dokumen dan bukti fisik sebagai
bukti nyata bahwa institusi pendidikan terkait sudah memenuhi tiap elemen standarisasi. Teknik
yang digunakan pada evaluasi pengembangan kurikulum mata pelajaran ini adalah teknik test dan
nontest. Teknik test merupakan tes prestasi belajar atau achievement test digunakan untuk
mengevaluasi proses belajar guru kepada siswanya dalam kurun waktu tertentu. Seperti yang
disebutkan di bagian konsep dasar, penilaian adalah alat atau proses yang sistematis dan objektif
yang dapat dengan cepat dan akurat memperoleh data yang diperlukan tentang seseorang, alat yang
dapat mengukur tingkat pembelajaran dengan standar-standar yang efektif dan andal. Teknik test
dapat berupa tes lisan, tulisan, dan teknik pengamatan langsung terhadap perilaku siswa. Sedangkan
teknik nontest adalah penilaian atau evaluasi, yang bersifat komprehensif karena dapat digunakan
untuk mengevaluasi semua aspek kemampuan siswa. |
en_US |