dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains siswa
dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk
menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keterampilan proses sains siswa di kelas kontrol pada pembelajaran IPAS kelas IV
di UPT SD Negeri 060871 Medan, untuk mengetahui keterampilan proses sains
siswa di kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS kelas IV di UPT SD Negeri
060871 Medan, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery
learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS di kelas
IV UPT SD Negeri 060871 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A sebagai
kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang peserta
didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas ahli dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test diketahui
bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima
dan H0 ditolak. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada
pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SD Negeri 060871 Medan. |
en_US |