Abstract:
Sebagai pemimpin, kepala sekolah harus mampu mendayagunakan seluruh sumber
daya sekolah dalam rangka mewujudkan visi dan misi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Pengorganisasian dapat mempengaruhi suatu organisasi apabila lembaga atau
organisasi dapat memaksimalkan fungsi pengorganisasian dan dapat membuat kerja yang
efektif.Masalah penelitian ini adalah bagaimana Fungsi Organizing Kepala Sekolah Dalam
Mengoptimalkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar 116903 Desa Sampean Kab. Labuhan Batu
Selatan.Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui Fungsi Organizing Kepala Sekolah
Dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan analisis kualitatif. Adapun hasil kesimpulan peneltian ini adalah; Manajemen
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai pemimpin dalam melaksanakan
fungsi manajemen haruslah memiliki pengorganisasian yang baik serta dapat menjawab enam
pertanyaan yang disebut sebagai unsur-unsur Pengorganisasian, yaitu: pembagian kerja,
profesinalisme, struktur organisasi dan siapa yang mengerjakan pekerjaan sesuai fungsi dan
jabatanya; Kepala sekolah tidak hanya dituntut dalam membuat pengorganisasiaan, kepala
sekolah dapat menjadikan pengorganisasian yang baik dilingkungan Sekolah Dasar 116903
Desa Sampean Kab. Labuhan Batu Selatan sehingga satu sama lain antara atasan dengan
bawahan dapat bekerja sama dan menjalankan tugas sesuai dengan prosedur, melaksanakan
program visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan menggerakkan
seluruh sumber daya yang telah diorganisasikan atau dikelompokkan oleh kepala sekolah
menjadi satu wadah