dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal,
strategi pengembangan, alternatif strategi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode deskriptif yang dilaksanakan dengan teknik wawancara
dan survey. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT (Matriks
IFE,Matriks EFE,Matriks IE), Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Hasil
penelitian diketahui kekuatan utama yaitu lokasi pasar tradisional yang strategis,
kelemahan fasilitas kebersihan yang belum maksimal, peluang kualitas yang
diitawarkan oleh pedagang Sei Sekambing ke konsumen lebih baik disbanding
pasar lainnya, dan ancaman yang dimiliki lokasi pasar Sei Sekambing rawan
kemalingan.
Alternatif strategi yang dihasilkan antara lain meningkatkan letak lokasi
kios yang lebih strategis, meningkatkan respon keluhan dan kualitas terhadap
pedagang, meningkatkan komunikasi, motivasi dan teknologi terhadap pedagang,
meningkatkan tata Kelola kios lebih baik lagi, meningkatkan fasilitas kebersihan,
meningkatkan luas lahan pasar, meningkatkan keamanan pasar, mengembangkan
program kerja, meningkatkan Kerjasama dengan unit kios pedagang. |
en_US |