dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya inkonsisteni dari penelitian-penelitian terdahulu mengenai fokus kepada pelanggan, perbaikan sistem berkesinambungan, pelatihan dan pendidikan terhadap efisiensi biaya yang menimbulkan kesenjangan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh fokus kepada pelanggan, perbaikan sistem berkesinambungan, pelatihan dan pendidikan terhadap efisiensi biaya pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Penelitian ini dilakukan pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah membagikan kuesioner kepada seluruh kepala Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan kepala bagian disetiap cabang IPA. Data ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedasitas. Dan pengujian hipotesis dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa fokus kepada pelanggan, perbaikan sistem berkesinambungan, pelatihan dan pendidikan berpengaruh terhadap efisiensi biaya. |
en_US |