Research Repository

POLA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU (STUDI KASUS SD NEGERI 1 LIPAT KAJANG ACEH SINGKIL)

Show simple item record

dc.contributor.author PRIATINI, SAPTA
dc.date.accessioned 2024-07-05T01:39:36Z
dc.date.available 2024-07-05T01:39:36Z
dc.date.issued 2024-03-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24505
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru (Studi Kasus SD Negeri 1 Lipat Kajang Aceh Singkil). Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi serta teknikal analisis data penyajian data, reduksi dan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pelatihan dan pendidikan dalam peningkatan kompetensi profesional guru melalui tahapan yang tersusun dan terprogram dengan baik. Hal ini di terapkan disesuikan dengan kebutuhan dan pengembangan kompetensi guru masing – masing. Perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah selalu memberikan supervisi kepada guru dalam bentuk dorongan dan memotivasi guru untuk kreatif serta inovatif, hal ini dilakukan dengan cara melakukan beberapa pendekatan terhadap guru-guru. Dalam pelaksanaanya kegiatan sekolah tidak menyelenggarakan diklat secara mandiri, tetapi sekolah mendapatkan undangan untuk mengikuti kegiatan diklat tersebut. dalam kegiatan KKG tersebut guru dapat belajar dan saling bertukar fikiran mengenai pengelola kelas, sarana dan prasarana, serta terkait pengembangan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Sebagai tenaga profesional guru bertugas merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, melakukan penelitian, membantu pengembangan dan pengelolaan program sekolah serta mengembangkan profesionalitasnya.Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang merupakan pola pelaksanaan dalam peningkatan kompetensi pofesional guru di SD Negeri 1 lipat kajang selain itu adanya kegiatan diluar pelatihan dan pendidikan yang berupa diskusi, seminar dan workshop. Selanjutnya dalam kegiatan workshop yang dilaksanakan di SD Negeri 1 lipat kajang dilakukan kerjasama dalam pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan desain media. Pada tindak lanjut pola pelatihan dan pendidikan di SD Negeri 1 lipat kajang pemanfaatan teknologi informasi berupa internet sebagai upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru, sebagian guru juga menerapkan musyawarah dengan guru lain sebagai upaya meningkatkan kompetensinya. Pengevaluasian tersebut diterapkan pada KKG, diklat, supervisi dan workshop. en_US
dc.subject Pola Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru en_US
dc.title POLA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU (STUDI KASUS SD NEGERI 1 LIPAT KAJANG ACEH SINGKIL) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account