Research Repository

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Bmt Mandiri Abadi Syariah

Show simple item record

dc.contributor.author HIdayat, Arif
dc.date.accessioned 2020-02-29T07:03:48Z
dc.date.available 2020-02-29T07:03:48Z
dc.date.issued 2018-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/244
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah BMT Mandiri Abadi Syariah Kota Medan beberapa tahun belakangan ini. BMT Mandiri Abadi Syariah merupakan suatu koperasi jasa keuangan syari’ah yang menjalankan aktivitas perputaran finansial dengan mendasarkan pada prinsipprinsip syariah Islam. Meningkatnya jumlah nasabah BMT Mandiri Abadi Syariah tersebut tidak lepas dari strategi pemasaran yang dilakukan marketer BMT Mandiri Abadi Syariah tersebut. Pada penelitian ini akan membahas tentang strategi pemasaran yang diterapkan marketer dikaitkan dengan aturan syariah yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi produk BMT Mandiri Abadi Syariah Kota Medan dan strategi pemasaran produk BMT Mandiri Abadi Syariah Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan turun langsung ke lapangan. Sumber data penelitian ini bersumber dari data primer berupa hasil observasi dan interview (wawancara) terhadap Staf bagian pemasaran dan data skunder berupa hasil pencarian data secara tidak langsung melalui perantara. Data peneltian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif, yakni suatu pembahasan yang dilakukan dengan cara menafsirkan dan mendiskusikan data-data yang telah diperoleh dan diolah berdasarkan landasan teoritis sehingga didapatkan kesimpulan berkenaan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi produk BMT Mandiri Abadi Syariah Kota Medan Implementasi produk BMT Mandiri Abadi Syariah Kota Medan baik dalam produk simpanan wadi’ah, simpanan giro mudharabah, pembiayaan musyarakah dan pembiayaan mudharabah telah sesuai dengan hukum ekonomi Islam dan dalam pelaksanaannya tidak ada mengandung maisyir, gharar, haram, riba dan sebagainya, namun dalam produk simpanan deposito mudharabah belum sepenuhnya sesuai dengan konsep bagi hasil mudharabah menurut hukum ekonomi Islam. Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Mandiri Abadi Syariah Kota Medan dalam meningkatkan jumlah nasabahnya adalah dengan (a) Meningkatkan pelayanan kepada nasabah. (b) Penambahan inventaris kantor. (c) Meningkatkan kualitas SDM. (d) Meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat. (e) Meningkatkan kualitas keagamaan melalui kajian syariat Islam, dan melakukan assesment (penilaian/evaluasi). en_US
dc.subject strategi pemasaran en_US
dc.subject minat nasabah en_US
dc.title Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Bmt Mandiri Abadi Syariah en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account