Research Repository

POLA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH NEGERI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA ACEH TAMIANG)

Show simple item record

dc.contributor.author LATIFAH
dc.date.accessioned 2024-07-03T03:29:37Z
dc.date.available 2024-07-03T03:29:37Z
dc.date.issued 2024-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24492
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam perencanaan dan pengendalian program peningkatan mutu pendidikan. serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan manajemen kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Pendidikan dianggap sebagai aspek krusial dalam kehidupan manusia, dan peran kepala sekolah sebagai manajer memiliki dampak penting dalam suksesnya perencanaan program. Perencanaan program manajemen memerlukan analisis kebutuhan, perumusan tujuan, desain program, implementasi, dan pengendalian untuk memastikan kesuksesan lembaga pendidikan. Pengendalian dan pengawasan menjadi tahap akhir dimana kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap kinerja guru dan stafnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan fokus pada pemahaman mendalam terhadap peristiwa dan masalah. Data diperoleh dari narasumber dan berbagai dokumen, sedangkan analisis data dan tringulasi digunakan untuk memastikan keabsahan informasi yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen perencanaan dan pengendalian kepala sekolah mempengaruhi keberhasilan tujuan pendidikan serta menunjang efektivitas manajemen kelas menjaga konsistensi. Kepala sekolah aktif dalam pengembangan program perencanaan dan pengembangan visi misi kurikulum. Proses pemantauan melibatkan tim yang terdiri dari guru senior.. Manajemen kepala sekolah menganut pendekatan gaya kepemimpinan instruksional dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan. Dukungan terhadap pengembangan professional guru dan implementasai sistem penilaian kinerja menjadi aspek penting. Faktor-faktor yang meningkatkan mutu pendidikan melibatkan keterampilan manajemen kepala sekolah, kemampuan berkomunikasi,, suvervisi kelas, keterlibatan komite sekolah, adaptasi kebijakan, dan manajemen kelas efektif. Dengan demikian perbaikan masih diperlukan dalam pelibatan stakeholder serta ditingkatkannya penanganan disiplin guru. en_US
dc.subject Manjemen Kepala Sekolah en_US
dc.subject Mutu Pendidikan en_US
dc.subject penelitian kualitatif en_US
dc.title POLA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH NEGERI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA ACEH TAMIANG) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account