dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam
perencanaan dan pengendalian program peningkatan mutu pendidikan. serta
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan manajemen kepala
sekolah di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Pendidikan dianggap
sebagai aspek krusial dalam kehidupan manusia, dan peran kepala sekolah sebagai
manajer memiliki dampak penting dalam suksesnya perencanaan program.
Perencanaan program manajemen memerlukan analisis kebutuhan, perumusan
tujuan, desain program, implementasi, dan pengendalian untuk memastikan
kesuksesan lembaga pendidikan. Pengendalian dan pengawasan menjadi tahap
akhir dimana kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap kinerja guru dan
stafnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus, dengan fokus pada pemahaman mendalam terhadap peristiwa dan masalah.
Data diperoleh dari narasumber dan berbagai dokumen, sedangkan analisis data
dan tringulasi digunakan untuk memastikan keabsahan informasi yang
dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen
perencanaan dan pengendalian kepala sekolah mempengaruhi keberhasilan tujuan
pendidikan serta menunjang efektivitas manajemen kelas menjaga konsistensi.
Kepala sekolah aktif dalam pengembangan program perencanaan dan
pengembangan visi misi kurikulum. Proses pemantauan melibatkan tim yang
terdiri dari guru senior.. Manajemen kepala sekolah menganut pendekatan gaya
kepemimpinan instruksional dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan.
Dukungan terhadap pengembangan professional guru dan implementasai sistem
penilaian kinerja menjadi aspek penting. Faktor-faktor yang meningkatkan mutu
pendidikan melibatkan keterampilan manajemen kepala sekolah, kemampuan
berkomunikasi,, suvervisi kelas, keterlibatan komite sekolah, adaptasi kebijakan,
dan manajemen kelas efektif. Dengan demikian perbaikan masih diperlukan
dalam pelibatan stakeholder serta ditingkatkannya penanganan disiplin guru. |
en_US |