dc.description.abstract |
ujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaa peneliti, dalam penelitian ini :
Bagaimana Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil
Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 2 SMK YASPI Labuhan Deli Medan ditinjau
dari hasil belajar siswa. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK
YASPI Labuhan Deli Medan T.P. 2016/2017, yang berjumlah 97 orang dan yang
menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X AK 2 untuk melihat apakah ada
Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas X AK 2 SMK YASPI Labuhan Deli Medan T.P 2016/2017. teknik
pengumpulan data melalui tes.
Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69,28% dengan 10
orang siswa yang tuntas dan 39 orang siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada tes
akhir diperoleh rata-rata hasil belajar 83,78% dengan 45 orang siswa yang tuntas
dan 4 orang siswa yang tidak tuntas. sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model
pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar Akuntansi dengan pokok bahasan
Jurnal Umum pada siswa kelas kelas X AK 2 SMK YASPI Labuhan Deli Medan T.P.
2016/2017.
Dari hasil analisis data pre test penelitian ini menggunakan uji F untuk mengetahui
homogenitas data. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan uji hipotesis
diperoleh t hitung = 6,802 dibanding t tabel = 1,667 pada dk N-1 = 48 pada taraf
nyata α = 0,05 dengan kriteria pengujian t hitung > dari t tabel maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Word Square
terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 SMK Yaspi Labuhan Deli medan
T.P 2016/2017. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa
kelas X Ak 2 SMK Yaspi Labuhan Deli Medan T.P 2016/2017. |
en_US |