dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui perencanana manajemen
pengembangan Program khusus bina diri terhadap Peserta didik tunagrahita, 2) Untuk mengetahui
pelaksanaan manajemen pengembangan Program khusus bina diri terhadap Peserta didik
tunagrahita, 3) Untuk mengetahui pengevaluasiaan manajemen pengembangan Program khusus bina
diri terhadap Peserta didik tunagrahita, 4) untuk mengetahui efektivitas manajemen pengembangan
Program khusus bina diri terhadap Peserta didik tunagrahita. Metode penelitian menggunakan
metode deskripti dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan program Bina Diri sudah beberapa aspek yang berjalan
dengan baik dan sesui dengan prosedur, seperti penyelenggaraan tes assesmen, perencanaan waktu
pelaksanaan kegiatan dan perencanaan materi kegiatan, namun untuk penentuan guru khusus Bina
Diri masih belum baik. Pelaksanaan Managemen Pengembangan Program Khusus Bina Diri yang
diterapkan pada manajemen pengembangan adalah Kemampuan mengambil nasi, lauk dan sayur,
Kemampuan makan menggunakan sendok dan garpu, Kemampuan menenerapkan cara makan yang
sopan dan Kemampuan merapikan meja makan setelah selesai makan. Pengevaluasian Untuk
melakukan evaluasi, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu, (1) Penentuan standar,
yang dimaksud dengan standar adalah patokan-patokan mengenai keberhasilan dan kegagalan suatu
kegiatan, (2) mengadakan pengukuran, pengukuran dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan yang telah
dilaksanakan, (3) membandingkan hasil pengukuran dengan standar yang telah dilakukan, dengan
ini akan diketahui selisih antara hasil pengukuran dengan standar yang telah ditentukan, (4)
Mengadakan perbaikan, perbaikan tersebut dilakukan berdasarkan selisih minus hasil perbandingan
pengukuran dengan standar.Managemen program bina diri yang telah diterapkan pada peserta didik
tunagrahita menunjukkan adanya kemandirian keterampilan peserta didik dalam melakukan bina
diri sebesar 62%. Berdasarkan fakta tersebut maka dapat disimpulkan bahwa 75% management
program bina diri efektif untuk diterapkan pada kelas tunagrahita. |
en_US |