dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan
media Kartu melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat
meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Umum
dikelas X SMK Tunas Karya Batang Kuis Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi SMK Tunas Karya Batang Kuis
yang berjumlah 32 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian
ini adalah media Kartu melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing sebagai
usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi pada pokok bahasan
Jurnal Umum dikelas X SMK Tunas Karya Batang Kuis Tahun Ajaran
2016/2017. Instrumen penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Adapun
yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada tes awal
diperoleh 7 dari 32 siswa ( 22% ) yang mencapai ketuntasan dan yang belum
mencapai ketuntasan 25 dari 32 siswa ( 78% ). Hasil belajar post test siswa pada
siklus I diperoleh sebanyak 14 siswa ( 43,75% ) yang mencapai ketuntasan dan
yang belum mencapai ketuntasan 18 siswa ( 56,25% ). Sedangkan untuk hasil
belajar untuk siklus II diperoleh sebanyak 30 siswa ( 93,75% ) yang mencapai
ketuntasan dan yang belum mencapai ketuntasan 2 siswa ( 6,25% ). Berdasarkan
hasil siklus II diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa telah meningkat
dan berhasil. |
en_US |