dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Inquiry berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil
belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran
2016/2017. Untuk mengetahui bagaiman pengaruh model pembelajaran Inquiry
berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS
SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Medan kelas XI IPS yang
beralamat di Jalan Utam tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini
adalah kelas XI IPS Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 82 siswa.
Sampel yang diambil penelitian ini hanya 1 kelas, yaitu kelas XI IPS 2 yang
berjumlah 41 orang.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil pre-test siswa menunjukkan
bahwa mean yang diperoleh adalah 71,83 sedangkan standar deviasi yang
diperoleh adalah 10,29. Hasil post-test siswa dengan model pembelaran Inquiry
berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) menunjukkan bahwa mean yang diperoleh
adalah 85 sedangkan standar deviasi yang diperoleh adalah 7,42. Dari hasil
perhitungan thitung = 13,986 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk = n – 2 =
41 – 2 = 39 taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,684 dan ternyata thitung > ttabel
(13,986 > 1,684) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya
adalah “ada pengaruh model pembelajaran Inquiry berbantuan Lembar Kerja
Siswa (LKS) terhadap hasil belajar akuntansi pada indikator menyusun kertas
kerja siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran
2016/2017”. |
en_US |