dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktek kerja lapangan
terhadap kewirausahaan siswa SMK Kota Binjai, mengetahui pengaruh potensi
unit produksi terhadap kewirausahaan siswa SMK Kota Binjai dan mengetahui
pengaruh kompetensi kerja terhadap kewirausahaan siswa SMK Kota Binjai serta
mengetahui pengaruh praktek kerja lapangan, potensi unit produksi dan
kompetensi kerja secara bersamaan terhadap kewirausahaan siswa SMK Kota
Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan jumlah sampel 89
orang dari SMK Putra Anda, SMK PABA dan SMK Tunas Pelita. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan angket / kuesioner untuk data praktek kerja
lapangan, potensi unit produksi, kompetensi kerja dan kewirausahaan. Penelitian
ini menggunakan analisis data yaitu regresi berganda dengan taraf signifikansi
0,05, kemudian pengolahan data yang telah diperoleh dengan bantuan program
data SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara praktik kerja lapangan terhadap kewirausahaan siswa SMK Kota
Binjai dilihat dari nilai thitung 10,223 > 1,988 ttabel. (2) Terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara potensi unit produksi terhadap kewirausahaan siswa SMK
Kota Binjai dilihat dari nilai thitung 8,434 > 1,988 ttabel . (3) Terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara kompetensi kerja terhadap kewirausahaan siswa
SMK Kota Binjai dilihat dari nilai thitung 8,569 > 1,988 ttabel . (4) Terdapat
pengaruh secara simultan praktek kerja lapangan, potensi unit produksi dan
kompetensi kerja terhadap kewirausahaan siswa SMK Kota Binjai dilihat dari
nilai thitung > ttabel berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 36,349 > 2,711 Ftabel
dan koefisien determinasi (R Square) sebesar yang berarti bahwa kewirausahaan
dipengaruhi oleh praktek kerja lapangan, potensi unit produksi dan kompetensi
kerja sebesar 56,2% dan sisanya 43,8% dipengaruhi o2leh variabel lain yang tidak
dijelaskan pada penelitian ini. |
en_US |