Abstract:
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode
eksperimen terhadap kemampuan menulis teks persuasif pada siswa kelas VIII
Madrasyah Tsanawiyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajarn menggunakan
media iklan niaga terhadap kemampuan menulis teks persuasif pada siswa kelas
VIII Madrasyah Tsanawiyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasyah Tsanawiyah Swasta
Sidikalang yang berjumlah 60 siswa. Sedangkan sampel diambil sebanyak dua
kelas, yaitu 30 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvesional
dan 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media iklan
niaga. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam
penelitian “Ada pengaruh pembelajaran menggunakan media iklan niaga terhadap
Kemampuan Menulis teks persuasif”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti
menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada pengaruh perbedaan antara
dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Sample T-Test.Berdasarkan
hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni:
memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara tes kelas kontrol dengan rata-rata
73,45) dengan nilai tes eksperimen dengan rata-rata 87,62 dan diperoleh
Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil 0,05 (P<0,05)
dari maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada pengaruh
pembelajaran mengguanakan media iklan niaga terhadap kemampuan menulis
teks persuasif oleh siswa MTS Swasta Sidkalang